Begini Cara Membuat Hand Sanitizer yang Aman Sendiri Di Rumah

Hand Sanitizer Buatan Sendiri

Di masa pandemi coronavirus seperti sekarang hand sanitizer sudah menjadi kebutuhan sehari-hari kita dalam menjalani new normal yang diumumkan pemrintah. Untuk mengurangi pengeluaran, masyarakat bisa membuat hand sanitizer sendiri dengan alat dan bahan yang mudah ditemukan di apotek atau toko bahan kimia. Cara membuatnya pun sangat mudah, seperti yang ada di laman SehatQ.com.

Ada banyak tutorial pembuatan hand sanitizer yang bisa dilakukan sendiri. Dari sekian banyak tutorial yang ada, Anda sebaiknya memilih tutorial yang sesuai dengan standar WHO. Berikut ini adalah informasi mengenai cara pembuatan hand sanitizer sesuai standar WHO yang dikutip dari laman SehatQ.com.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Alat yang dibutuhkan untuk membuat hand sanitizer ini adalah :

  1. Gelas ukur
  2. Corong
  3. Jerigen atau botol bersih berukuran 1 liter
  4. Botol spray

Sedangkan untuk bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan hand sanitizer, dibagi menjadi dua, yaitu dengan menggunakan etanol atau menggunakan isopropil.

  1. Jika menggunakan etanol, gunakan etanol dengan kadar 96% sebanyak 833 ml
  2. Jika menggunakan isopropil, gunkan isopropil alkohol dengan kadar 99,8% sebanyak 751,5 ml
  3. Gliserin 14,5 ml
  4. Hidrogen peroksida 41,7 ml
  5. Air suling steril atau air minum yang telah direbus

Langkah Pembuatan Hand Sanitizer

Setelah menyiapkan alat dan bahan untuk pembuatan hand sanitizer serta sudah mengukur semua bahan sesuai dengan takarannya, sekarang saatnya Anda mulai proses pembuatan hand sanitizer. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Masukkan etanol atau isopropil ke dalam wadah jerigen atau botol bersih yang sudah disiapkan
  2. Masukkan hidrogen peroksida
  3. Masukkan gliserin dan pastikan jangan sampai ada yang tertinggal
  4. Tambahkan air suling steril hingga mencapai ukuran 1 liter kemudian langsung tutup jerigen atau botol yang digunakan sebagai wadah
  5. Kocok jerigen atau botol agar semua bahan tercampur merata
  6. Tuang campuran bahan di dalam wadah ke botol spray
  7. Simpan botol spray berisi hand sanitizer tersebut selama 72 jam untuk mematikan mikroorganisme yang ada
  8. Setelah 72 jam, hand sanitizer siap digunakan dan dibagikan

Apakah Hand Sanitizer Tersebut Aman Digunakan?

Proses pembuatan hand sanitizer yang mudah tersebut juga memunculkan keraguan di masyarakat, apakah hand sanitizer yang dibuat sendiri itu aman untuk digunakan? menurut penjelasan di laman SehatQ.com, hand sanitizer tersebut aman digunakan.

Pembuatan hand sanitizer berdasarkan panduan dari WHO tersebut memiliki aturan yang harus ditaati. Aturan tersebut berupa takaran tiap-tiap bahan yang digunakan untuk pembuatan hand sanitizer. Jika salah takaran, hand sanitizer yang Anda buat sangat mungkin tidak efektif membersihkan tangan. Bahkan kemungkinan terburuk adalah bisa merusak kulit.

Daripada repot membuat hand sanitizer sendiri, lebih baik Anda selalu membawa sabun kemanapun Anda pergi. Mencuci tangan dengan sabun terbukti lebih praktis dan tentu saja lebih efektif daripada menggunakan hand sanitizer.

Jika Anda membutuhkan hand sanitizer karena Anda tidak bisa menjalankan himbauan di rumah saja  namun juga masih ragu untuk membuat hand sanitizer sendiri, Anda bisa membeli hand sanitizer secara online di Toko.sehatq.com.

Selain hand sanitizer, di toko ini juga tersedia masker, sabun cuci tangan, obat-obatan, hingga perawatan kecantikan. Cara mendapatkannya sangat mudah selayaknya Anda berbelanja di toko online atau marketplace pada umumnya. Jangan lupa manfaatkan promo yang tersedia agar bisa mendapatkan barang kebutuhan dengan harga lebih murah.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar