Bersiap untuk Hari Tua, Ini 4 Tips Menabung untuk Dana Pensiun

Bersiap untuk Hari Tua, Ini 4 Tips Menabung untuk Dana Pensiun

Semua orang yang bekerja akan pensiun pada waktunya. Ketika tiba saatnya nanti, Anda tentu menginginkan masa tua yang bahagia. Tidak ada masalah finansial yang berarti karena Anda memiliki tabungan pensiun yang paling menguntungkan. Bukankah ini adalah dambaan oleh hampir semua orang?

Setelah menghabiskan bertahun-tahun bekerja di kantor, Anda tentu menginginkan masa tua yang tenang dan bebas dari tekanan finansial. Segala kebutuhan Anda bisa terpenuhi dengan baik tanpa perlu merepotkan anak dan cucu. Sebagian dari kita masih berpikiran untuk hidup bersama dengan anak agar ada yang merawat. Tapi jika kita bisa hidup mandiri dan mencukupi kebutuhan sendiri di masa tua nanti, bukankah itu jauh lebih baik?

Menabung untuk Dana Pensiun

Anak-anak Anda akan berkeluarga dan perlu mengurusi keluarganya sendiri nanti. Agar tidak memberatkan beban hidup mereka dan menciptakan generasi sandwich, Anda perlu mempersiapkan dana pensiun sejak sekarang. Bagaimana cara menyiapkan dana pensiun? Tentu saja dengan menabung.

Berikut ini ada beberapa tips menabung untuk dana pensiun yang bisa Anda ikuti. 

1. Rencanakan masa pensiun Anda

Yang paling utama, rencanakan masa pensiun Anda. Umur berapa Anda akan pensiun? Di mana Anda akan menghabiskan masa tua? Bersama siapa? Siapa yang akan mengurusi Anda? Apakah Anda perlu perawat? Kehidupan seperti apa yang ingin Anda jalani selama masa pensiun? Apakah Anda ingin jalan-jalan keliling dunia atau cukup jalan-jalan di sekitar kompleks?

Semua ini perlu Anda rencanakan. Gambarkan dengan jelas dalam pikiran Anda masa pensiun yang Anda inginkan. Dengan demikian, Anda bisa dengan mudah menentukan besaran dana yang perlu disisihkan di tabungan pensiun yang paling menguntungkan.

2. Perkiraan kebutuhan selama pensiun

Setelah Anda memiliki gambaran masa pensiun yang Anda inginkan, perkirakan jumlah dana yang Anda butuhkan. Jika Anda ingin pensiun di umur 65 dan sekarang umur Anda adalah 25 tahun, berarti Anda masih punya waktu selama 40 tahun untuk mengumpulkan dana pensiun. Jangan lupa hitung inflasi pada tahun Anda pensiun nanti.

Semakin banyak keinginan Anda di masa tua, semakin besar dana pensiun yang Anda butuhkan. Gaya hidup yang ingin Anda jalani di masa tua juga menentukan. Juga kesehatan Anda dan berapa lama Anda hidup.

Oleh karena itu, perkirakan baik-baik. Jika saat ini Anda menghabiskan Rp 5 Juta untuk hidup sebulan, berapa dana bulanan yang Anda butuhkan saat masa pensiun nanti?

3. Kumpulkan dana pensiun sejak muda

Mengingat kebutuhan dana pensiun yang besar, Anda sangat disarankan mengumpulkan dana pensiun sejak masih muda. Ketika Anda mendapatkan pekerjaan pertama Anda, segera mulai kumpulkan dana pensiun. Semakin cepat Anda mengumpulkan dana pensiun, semakin banyak dana pensiun yang terkumpul, semakin nyaman kehidupan Anda di hari tua nanti.

4. Ikut program dana pensiun

Jika Anda sulit mengumpulkan dana pensiun secara mandiri, tidak ada salahnya mengikuti program dana pensiun yang tersedia. Perlu diingat, Anda sebaiknya tidak hanya mengandalkan dana pensiun dari kantor karena belum tentu itu akan memenuhi kebutuhan Anda kelak di hari tua. Anda bisa memilih tabungan pensiun yang paling menguntungkan dengan return yang menjanjikan.

Nah, itulah 4 tips menabung untuk dana pensiun. Meskipun kantor Anda sudah memiliki program dana pensiun, tidak ada ruginya Anda menyisihkan dana pensiun sendiri atau dengan ikut program dana pensiun. Jangan lupakan juga instrumen dana  lainnnya, seperti dana darurat demi tercapainya kebebasan finansial di masa pensiun nanti. Untuk informasi lengkap mengenai tabungan pensiun yang paling menguntungkan, Anda bisa mengunjungi laman berikut https://www.generali.co.id/id/pensiun.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar