Supaya Kendaraanmu Tetap Melaju Secara Optimal, Cek 6 Bagian Ini Secara Rutin!

Supaya Kendaraanmu Tetap Melaju Secara Optimal, Cek 6 Bagian Ini Secara Rutin!
Sumber : tirto.id

Jika kamu punya sebuah kendaraan sendiri, baik itu mobil atau sepeda motor pasti wajib banget merawatnya. Apalagi mobil, kamu harus merawat mesinnya secara berkala dan rutin. Merawatnya pun nggak susah kok, bahkan kamu bisa melakukannya sendiri dirumah. 

Perawatan mobil ini pun bertujuan untuk keawetannya saat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, mobil juga akan memiliki nilai tinggi serta nyaman dikendarai. Jika kamu tidak tahu menahu tentang mesin kendaraan bisa bawa ke bengkel resminya untuk melakukan perawatan. 

So, bagian mobil mana saja sih yang bisa kamu lakukan untuk perawatan sendiri dirumah? 

1. Mesin mobil

Sumber : tokoonline88.com
 
Komponen mesin menjadi yang utama bagi setiap kendaraan. Bagian satu inilah yang menjadi kewajiban bagi pemilik kendaraan untuk merawatnya. Sebab, lama usia sebuah kendaraan tersebut tergantung dari perawatan mesinnya.

2. Oli mobil
Sumber : otomotif.kompas.com
 
Selain mesin, kamu juga harus memperhatikan oli mobil. Oli juga perawatan yang paling penting bagi sebuah kendaraan. Disini kamu harus mengganti oli kendaraan tersebut secara berkala. Jarak normal penggantian oli kendaraan adalah di angka 3000 hingga 5000 km. Itupun juga tergantung dari kualitas pelumas untuk mesin, jenis oli dan juga penggunaan kendaraan tersebut. 

Tetapi jika mobil sering dipakai untuk menempuh perjalanan jarak jauh, wajib banget diganti. Oli sendiri berperan untuk menahan gesekan ketika mesin sebuah kendaraan tersebut bekerja. Pelumas kendaraan yang memiliki kualitas terbaik juga mampu menjaga kondisi sebuah mobil supaya tetap optimal dan stabil.

3. Aki mobil

Sumber : youtube.com
 
Aki juga menjadi salah satu komponen kendaraan yang tak kalah pentingnya. Oleh sebab itu, supaya aki bisa bertahan lama dan awet kamu juga harus merawatnya. Cara merawatnya pun cukup mudah kok, pastikan kamu rutin mengecek kadar air pada akinya supaya tetap berada di level yang seharusnya. Selain itu, kamu juga perlu mengecek tegangan dari aki tersebut dengan alat voltmeter.


4. Kabel dan lampu mobil

Sumber : klasika.kompas.id
 
Tak hanya pada mesin, jika kamu ingin mobil benar-benar terawat harus memperhatikan kelistrikannya juga lho. Kelistrikan yang dimaksud adalah pemeriksaan kabel dan juga lampu pada mobil. Sebab tak jarang juga kabel pada mobil akan kendur maupun terputus. Selain itu, lampu mobil pun juga bisa redup. Oleh sebab itu, supaya nggak jadi masalah saat mobil ingin digunakan kamu harus memperhatikan bagian ini juga sob. 

5. Kopling mobil

Sumber : otomania.gridoto.com
 
Pastikan kopling mobil kamu dalam keadaan normal sebelum menggunakannya. Hal ini hanya berlaku untuk mobil yang memiliki transmisi manual, ya. Masalah yang sering terjadi pada kopling mobil biasanya adalah kampas kopling yang sudah aus serta terasa berat ketika melakukan perpindahan gigi. Tentu kalau terjadi masalah tersebut kenyamanan dan keamanan saat berkendara pasti akan terganggu.

6. Ban

Sumber : indoparts.id
 
Komponen mobil yang perlu dirawat selanjutnya ada ban. Ban kendaraan juga harus kamu rawat dengan baik supaya kenyamanan dan keamanan berkendara selalu terjaga. Merawat ban pun nggak terlalu sulit, kamu hanya perlu mengisi tekanan angin sesuai standar yang ditentukan, membersihkan kotoran pada ban serta jangan mempercepat laju mobil saat melewati permukaan buruk. 

Itulah beberapa komponen mobil yang harus dirawat secara rutin. Perawatan komponen mobil ini bertujuan untuk keawetan, kenyamanan serta keamanan dalam berkendara. Selain itu, ada juga exterior yang perlu kamu perhatian, yakni gunakan kaca film mobil. Penggunaan kaca film mobil ini bertujuan untuk memblokir sinar matahari untuk masuk ke dalam mobil. Hal ini pun bisa membuat mobil menjadi panas dan lebih parahnya merusak AC mobil lho. Jadi, selalu rawat kendaraan kamu ya sob!

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar