Tidak Hanya Paparan Sinar Matahari, Berikut Penyebab Lain Kulit Mengalami Keriput

Tidak Hanya Paparan Sinar Matahari, Berikut Penyebab Lain Kulit Mengalami Keriput

Kulit keriput merupakan salah satu hal yang paling ditakuti oleh wanita, terlebih jika keriput atau kerutan tersebut muncul sebelum waktunya. Hal tersebut tentunya sangat mengganggu penampilan anda. Oleh karena itu mari ketahui penyebab kulit mengalami keriput agar anda dapat mengantisipasi hal tersebut. 

Simak Penyebab Utama Munculnya Keriput Pada Kulit

1. Penggunaan Produk Kosmetik

Maraknya produk kosmetik dengan berbagai macam manfaat membuat banyak wanita tergoda untuk menggunakannya. Adanya berbagai macam kosmetik dengan fungsi berbeda-beda seperti menghilangkan jerawat, membuat banyak wanita untuk mencobanya tanpa menyadari bahwa bahan kosmetik juga dapat menimbulkan keriput.

Dengan keunggulan yang ada pada kosmetik dapat membuat anda cantik, tetapi juga dapat menimbulkan keriput pada kulit. Kosmetik yang mengandung bahan kimia yang biasanya berbahaya dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Untuk itu anda harus pandai menilai kosmetik yang memiliki bahan yang aman digunakan. 

2. Paparan Sinar Matahari

Selain kosmetik, penyebab kulit mengalami keriput selanjutnya adalah terlalu sering terpapar sinar matahari. Sinar ultraviolet yang dapat menembus dan merusak struktur kulit menjadi salah satu penyebab kulit keriput. Untuk itu sangat disarankan untuk anda menggunakan perlindungan seperti sunblock agar sinar matahari tidak langsung merusak kulit.

3. Diet Yang Tidak Konsisten

Bagi sejumlah wanita melakukan diet adalah suatu keperluan untuk menunjang penampilan. Akan tetapi diat yang dilakukan putus nyambung dapat berdampak pada keriputnya kulit. Beberapa ahli menyatakan bahwa diet yang konsisten selama bertahun-tahun dapat merusak kulit yang tidak sehat. 

Selain itu dengan adanya diet yang tidak konsisten dapat memberi perubahan pada kulit seperti lebar, mengecil seiring dengan berkembangnya berat badan. Tentunya hal tersebut dapat merusak struktur elastisitas membuat kulit terlihat muda dan kencang. Sehingga kulit anda dapat dengan mudah terdapat keriput.

4. Akibat Kontraksi Otot Wajah

Penyebab kulit mengalami keriput selanjutnya adalah kontraksi otot wajah. Kulit keriput yang sering ditemukan pada mata, antara alis, diperkirakan karena adanya kontraksi tersebut.  Jika sehari-hari kebiasaan ekspresi yang anda lakukan adalah murung, tersenyum, atau bahkan menyipitkan mata akan meninggalkan tanda keriput di kulit. 

Selain itu tekanan yang terjadi pada wajah dan bantal ketika tidur juga dapat menjadi salah satu penyebab dari adanya keriput. Terlebih jika posisi tersebut berlangsung selama-bertahun-tahun. Hal tersebut dapat meningkatkan bekas di bagian dagu, pipi, serta kening. Maka disarankan untuk tidur terlentang guna menghindari hal tersebut. 

5. Dehidrasi Dan Makanan

Kekurangan cairan dalam tubuh menjadi penyebab adalah penyebab kulit keriput. Jika terlalu sering dehidrasi maka akan memberi dampak seperti kulit kering yang tidak mampu menghasilkan sel-sel baru. Oleh karena itu hal tersebut bisa berdampak munculnya keriput pada wajah anda. 

Selain menjaga diri agar terhindar dari dehidrasi, anda juga dapat mengonsumsi makanan, buah-buahan dan sayur-sayuran untuk menghindari kulit mengalami keriput. Seperti jeruk yang memiliki kandungan vitamin C yang banyak agar kulit tampak lebih cerah dan juga dapat melembabkan kulit.

Selain makanan, minuman pun perlu dijaga. Seperti mengurangi minum kopi karena asupan kopi yang berlebihan dapat menjadikan kulit keriput karena kandungan kafein di dalamnya. Minuman yang paling sehat dan menyegarkan untuk anda konsumsi ialah air putih dengan yang memiliki banyak khasiat untuk kulit. 

Ulasan di atas merupakan penyebab-penyebab kulit keriput yang harus anda hindari. Untuk mencegah terjadinya berbagai hal tersebut ialah menghindar paparan sinar matahari yang lebih, menggunakan tabir surya, memulai hidup sehat serta melakukan olahraga teratur. Dan yang terpenting ialah mencoba menghindari stres.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar