Yuk Pahami Dulu Penyebab Gusi Selalu Berdarah

Yuk Pahami Dulu Penyebab Gusi Selalu Berdarah

Apakah Anda sering mengalami gusi selalu berdarah? Jika ya, Anda perlu tahu bagaimana cara mengatasinya. Karena jika Anda biarkan begitu saja, bisa saja masalah tersebut semakin parah. Gigi bisa berlubang, keropos, atau bahkan gigi tercabut dari akarnya.

Mungkin Anda merasa sudah selalu menggosok gigi. Namun, mengapa gusi selalu berdarah ya? Dalam hal ini, ada banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan gusi berdarah. Dan faktor tersebut harus ditemukan terlebih dahulu agar penanganan yang tepat bisa Anda lakukan.

Faktor Penyebab Gusi Berdarah yang Sering Terjadi

Kenapa gusi berdarah? Yang paling mungkin terjadi adalah adanya suatu hal yang merobek gusi. Dan akhirnya gusi terkoyak dan mengeluarkan darah. Yang jadi pertanyaan sekarang adalah apa yang mampu mengoyak gusi sehingga robek dan berdarah?

Dalam pandangan ahli medis, ada satu hal yang sering menyebabkan hal tersebut, yaitu plak pada gigi. Plak yang sudah sangat lama bisa mengeras sekali. Dan plak tersebut bisa saja tidak hanya menempel pada gigi melainkan juga merusak gusi. Hingga akhirnya gusi menjadi robek, terbuka, dan berdarah.

Tanda awalnya adalah munculnya rasa sakit seperti cenut-cenut. Kemudian, akan muncul darah. Jika gusi selalu berdarah, ada kemungkinan itu disebabkan oleh plak gigi.

Apa yang Harus Anda Lakukan?

Yang jadi pertanyaan sekarang adalah apa yang harus Anda lakukan? Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

1. Pergi ke Dokter

Percuma saja Anda membeli obat sakit gigi jika gusi berdarah yang Anda alami disebabkan oleh plak. Selama plak belum dihilangkan, bisa saja gusi berdarah hilang dan juga kembali lagi.

Maka dari itu, Anda harus segera pergi ke dokter. Anda bisa meminta dokter untuk membersihkan plak, terutama plak pada gigi yang mana gusi selalu berdarah. 

Akan tetapi, jika bagian gigi tersebut masih sakit, sebaiknya tunggu hingga rasa sakit tersebut mereda. Kemudian, Anda bisa pergi ke dokter untuk meminta agar plak dibersihkan.

2. Minum Pereda Rasa Nyeri

Setelah plak dihilangkan, ada kemungkinan rasa nyeri di gigi masih terasa. Atasi dengan cara mengkonsumsi obat pereda rasa nyeri. Setidaknya, obat ini bisa mengurangi rasa nyeri sehingga Anda siap bekerja kembali.

3. Bersihkan Gigi dengan Tepat

Mungkin Anda yakin sudah melakukan pembersihan gigi setiap hari. Anda selalu gosok gigi dua kali sehari. Namun, apakah Anda yakin cara menggosok gigi Anda sudah tepat?

Ada baiknya Anda pastikan pasta gigi yang Anda gunakan sesuai dengan jenis gigi Anda. Kemudian, gosoklah gigi dengan tepat yaitu dengan Gerakan ke atas dan ke bawah. 

Setelah menggosok gigi, lakukan juga kumur-kumur dengan obat kumur untuk mulut. Ini mampu menghilangkan bakteri yang mungkin masih menempel pada gigi, terutama di sela-sela gigi. Karena bakteri ini sangat berbahaya lantaran mampu menyebabkan infeksi pada gusi lalu gusi bisa menjadi berdarah.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gusi yang selalu berdarah. Tentu saja bukan hanya plak gigi saja yang menjadi faktor penyebabnya. Akan tetapi, beberapa kasus gusi selalu berdarah sering disebabkan oleh plak.

Jadi, jangan anggap sepele plak di gigi. Lakukan apa yang dianjurkan oleh dokter gigi, yaitu konsultasi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Jika ada potensi munculnya plak gigi, segera minta dokter untuk menghilangkan plak tersebut. Jangan sampai plak semakin mengeras dan bisa menyebabkan gusi berdarah.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar