Jangan Bingung! Berikut Penjelasan tentang Perbedaan Infak dan Sedekah

Jangan Bingung! Berikut Penjelasan tentang Perbedaan Infak dan Sedekah

Istilah infak dan sedekah tentu sudah tidak asing di telinga anda. Namun, banyak orang yang masih belum tahu apa perbedaan dari keduanya padahal kedua amal ini sering dilakukan tanpa disadari. Untuk itu, anda tidak perlu bingung tentang perbedaan keduanya. Kali ini akan dibahas apa perbedaan infak dan sedekah serta hal-hal yang berkaitan dengan keduanya.

Apa Itu Infak?

Sebelum membahas tentang perbedaan antara infak dan sedekah, lebih baik mengetahui terlebih dahulu apa pengertian infak dan sedekah. Merujuk dari masjidpedesaan.or.id, infak berasal dari kata anfaqa yang memiliki arti berlalu, lewat, atau habis. Sedangkan menurut istilah, infak berarti mengeluarkan harta di dalam ketaatan dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah.

Berbeda dengan zakat yang nishab, takaran, dan penerimanya diatur dengan jelas, infak dapat diberikan kepada siapa saja tanpa pertimbangan nishab dan besarnya harta. Anda bisa mengeluarkan infak kapan saja semampu anda. Misalnya dengan memberikan uang sebesar 2 ribu rupiah kepada saudara. Kebaikan yang anda lakukan tersebut sudah termasuk ke dalam infak.

Perbedaan Antara Infak dan Sedekah

Setelah mengetahui pengertian infak, sekarang membahas pengertian sedekah untuk mengetahui perbedaan infak dan sedekah. Sedekah berasal dari kata shidqoh yang memiliki arti benar. Benar di sini merepresentasikan pembenaran terhadap keimanan dan ketaqwaan seorang muslim. Secara istilah, sedekah berarti memberikan sesuatu dengan tujuan mendekat kepada Allah.

Hal mendasar yang menjadi pembeda antara infak dan sedekah adalah apa yang dikeluarkan. Infak menggunakan materi untuk diberikan kepada orang lain, sementara sedekah bisa menggunakan apa saja. Hadis Riwayat Bukhori menegaskan bahwa setiap kebaikan itu bernilai sedekah. Artinya apa pun bentuknya selama itu sebuah kebaikan maka disebut dengan sedekah.

Salah satu bentuk sedekah yang paling mudah adalah wajah sumringah atau gembira. Meskipun tampak sepele, ternyata wajah sumringah bernilai pahala di sisi Allah. Jika suatu ketika anda merasa berat dengan beban yang tengah dipikul, jadikan semangat sedekah untuk membuat wajah tetap berseri dan gembira. Jalan keluar akan dibukakan dengan sendirinya.

Macam-Macam Infak dan Keutamaan Sedekah

Infak memiliki berbagai bentuk yang menegaskan perbedaan infak dan sedekah. Infak dikategorikan berdasarkan hukumnya, yaitu mubah, sunnah, wajib, dan haram. Infak yang dihukumi mubah merupakan infak yang dikeluarkan untuk sesuatu yang mubah, seperti berdagang atau usaha. Infak dihukumi wajib untuk perkara yang menyangkut nazar atau nafkah kepada istri.

Jika anda berinfak dengan niat membantu fakir miskin, maka infak tersebut dihukumi sunnah. Infak menjadi haram ketika digunakan untuk hal-hal haram, seperti mendanai sesuatu yang bertujuan menghalangi syiar agama Islam. hal terpenting yang harus diperhatikan saat berinfak dan bersedekah adalah hati yang ikhlas serta hanya mengharap ridho Allah.

Sementara itu, sedekah memiliki nilai-nilai keutamaan yang luar biasa. Sedekah dapat menjauhkan anda dari murka Allah dan siksa api neraka. Dengan mengeluarkan sedekah, maka anda telah berupaya untuk membersihkan harta, mengobati penyakit hati, dan melembutkan hati.

Berangkat dari perbedaan infak dan sedekah, anda bisa memilih amal mana yang ingin dijalankan. Yang jelas keduanya memiliki nilai pahala yang luar biasa asalkan diniatkan dengan ikhlas. Selain itu, sedekah dan infak merupakan amal yang ringan dikerjakan dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

Terlepas dari perbedaan dari infak dan sedekah, hal terpenting yang harus digarisbawahi adalah kemauan untuk melakukannya dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah. Allah telah memberikan jalan amal yang begitu ringan dengan ganjaran pahala yang besar, maka tidak ada alasan untuk tidak melakukannya.

0 komentar:

Posting Komentar