Strategi Tepat dalam Berinvestasi Berdasarkan Umur

Strategi Tepat dalam Berinvestasi Berdasarkan Umur

Cara terbaik untuk mempersiapkan kehidupan di hari tua adalah berinvestasi sejak muda. Usia produktif merupakan waktu yang paling tepat untuk mempersiapkan masa pensiun. Kendati demikian, Anda perlu memilih Asuransi Jiwa Investasi yang bagus untuk memulainya. Selain itu, Anda juga harus tahu strategi yang tepat dalam berinvestasi agar mendapatkan banyak keuntungan.

Nah, artikel kali ini akan membahas strategi tepat dalam berinvestasi berdasarkan jenjang usia seperti yang dikutip dari situs berita Suara.com. Supaya hari tua Anda terjamin, jangan lewatkan ulasannya sampai selesai. 

1. Belajar Investasi dan Mulailah Berinvestasi di Usia 20-an

Awal 20-an adalah usia yang pas untuk belajar dan mulai berinvestasi. Sebab di usia inilah seorang fresh graduate memulai kariernya. Bahkan, sekalipun Anda masih berstatus sebagai mahasiswa dan belum memiliki penghasilan sendiri, tak ada salahnya untuk mulai belajar investasi. 

Bagi Anda yang sudah bekerja di usia 20-an, sisihkan 5%-10% dari gaji bulanan untuk berinvestasi. Salah satu jenis investasi yang cocok untuk Anda adalah asuransi. Sebab, selain memberikan proteksi, asuransi juga menjadi investasi sekaligus tabungan masa depan. Kendati demikian, pilihlah produk asuransi yang sesuai dengan tujuan Anda. 

2. Semangat Berinvestasi dan Berasuransi Saat Sehat di Usia 30-an

Semakin bertambahnya usia, semakin bertambah pula kebutuhan Anda. Mulai dari memiliki rumah sendiri hingga kendaraan pribadi. Tak masalah jika Anda ingin mewujudkan impian tersebut. Namun, Anda harus lebih bijak lagi dalam mengelola keuangan. Jangan sampai keinginan Anda untuk membeli mobil dan memiliki rumah justru menghabiskan tabungan di hari tua. 

Memasuki usia 30-an, Anda juga perlu menambah jenis asuransi yang dimiliki. Salah satunya adalah asuransi jiwa. Dengan menambah proteksi untuk diri Anda, maka kehidupan di hari tua akan lebih terjamin. 

3. Memasuki Usia 40-an Fokuslah Pada Portofolio Pensiun

Dilansir dari Beritasatu, memasuki usia 40-an Anda harus mulai fokus pada portofolio pensiun. Hal ini dapat dilakukan dengan memilih investasi yang lebih konservatif, seperti investasi saham atau obligasi. Dari investasi-investasi ini pula Anda bisa mendapatkan tambahan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan yang semakin besar. Mulai dari kebutuhan rumah tangga, kebutuhan sekolah untuk anak, kebutuhan liburan keluarga, hingga cicilan rumah atau kendaraan yang belum lunas. 

4. Mendekati Pensiun di Usia 50-an, Bersikaplah Realistis

Di usia 50-an, saatnya untuk Anda bersikap realistis. Jika Anda sudah mulai investasi sejak muda, Anda bisa memetik hasilnya saat pensiun nanti. Namun, untuk Anda yang belum memiliki investasi dan asuransi, bersiaplah untuk mengubah gaya hidup Anda. Manfaatkan semua peluang yang ada untuk memulai investasi sebelum Anda benar-benar pensiun. Itu artinya, Anda harus mulai mengurangi pengeluaran untuk kebutuhan yang tidak terlalu penting. 

Demikianlah empat strategi dalam berinvestasi untuk mempersiapkan hari tua yang lebih baik. 

0 komentar:

Posting Komentar