Oli Standarisasi SAE, IPA dan ILSAC untuk Mobil Kesayangan Anda

Oli Standarisasi SAE, IPA dan ILSAC untuk Mobil Kesayangan Anda

Memilih oli terbaik untuk mobil kesayangan bukanlah hal yang mudah. Sebab, ada banyak kode oli dengan berbagai kode yang harus kamu ketahui agar kamu memilih oli yang tepat. Salah satu oli yang baik untuk mobil yaitu Oli yang sudah terstandarisasi Sae. Oli SAE memiliki banyak kode yang harus kamu pecahkan, supaya oli yang kamu pilih tepat. Kode oli ditulis pada kemasan luar, sehingga kamu bisa membacanya dan memilihnya dengan cerdas. 

Kode oli Sae adalah tulisan pada kemasan oli yang menunjukkan tekstur dari oli tersebut. Misalnya pada kemasan tertulis kode SAE 10W-40, maka artinya angka terdepan menunjukan kekentalan oli pada suhu dingin. Arti dingin didapatkan pada kode huruf “W” yang memiliki arti sebagai winter. Sedangkan angka dibelakang menunjukan kekentalan oli pada mesin mobil saat sedang bekerja. Jadi, semakin besar angkanya, maka tingkat kekentalan juga semakin tinggi pada oli yang sedang di pakai. Standarisasi yang sering dipakai di Indonesia adalah SAE. 

Berikut ulasan singkat tentang standarisasi Oli selain SAE.

API

API memiliki kepanjangan American Petroleum Institute yang dikenal sebagai kode sertifikasi kualitas olis yang telah terstandarisasi oleh dunia. Jadi, API ini merupakan tenaga penguji tingkat kelayakan oli, yang dipakai di berbagai negara Eropa dan Amerika. 

ILSAC

ILSAC memiliki kepanjangan International Lubricant Standardization and Approval Committee. ILSAC ini adalah standarisasi oli yang digunakan pada mobil buatan Jepang dan Amerika. Kode ILSAC biasanya diikuti Kode GF-5. Kode pada standarisasi ILSAC menunjukkan parameter uji oli. Memang uji ILSAC belum terkenal di Indonesia, sebab oli-oli mobil di Indonesia rata-rata memakai standarisasi API. Meskipun demikian, sudah terdapat produsen oli di Indonesia yang memakai standarisasi dari ILSAC.

Oli SAE merupakan komponen penting yang dibutuhkan oleh mobil. Oleh karenanya, kamu harus memilih oli yang tepat. Untuk memilih oli yang tepat, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan ahlinya. Seva.id melayani penggantian oli dengan sistem konsultasi juga, caranya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu klik website Seva.id dan menikmati fitur booking service.

0 komentar:

Posting Komentar