5 Fakta Menarik Nasi Tumpeng yang Perlu Diketahui

Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng enak di Jakarta semakin banyak diburu dan diminati. Seperti kita tahu bahwa nasi tumpeng merupakan salah satu menu khas yang disajikan pada acara-acara khusus. Makanan yang terbuat dari nasi kuning dan lauk pendamping lengkap ini memiliki keunikan tersendiri. Keunikannya terletak pada cara penyajian nasi kuning yang dibentuk kerucut.

Fakta Nasi Tumpeng

Menu makanan ini bisa dikatakan merupakan salah satu ciri khas di Indonesia. Ada banyak fakta menarik yang tersimpan di balik menu nasi tumpeng. Tentunya selain menikmati kelezatan nasi tumpeng, Anda juga perlu tahu fakta menarik apa saja yang dimiliki oleh menu ini. Berikut adalah 5 fakta menarik nasi tumpeng yang perlu diketahui:

1. Sudah Ada Sejak Lama

Menu nasi tumpeng ternyata sudah ada sejak zaman dahulu bahkan sejak saman Jawa kuno. Bisa dilihat lebih bukti prasasti yang ditinggalkan dari zaman tersebut. Ada terlihat jenis makanan yang disebut sekul paripurna dan bentuknya serupa dengan nasi tumpeng. Di zaman dahulu, sekul paripurna akan dihidangkan ketika ada acara-acara penting dan menjadi salah satu menu makanan yang sangat berharga.

2. Representasi Gunung Meru

Bentuk kerucut pada nasi kuning merupakan bentuk representasi dari Gunung meru. Gunung ini disebutkan sebagai salah satu tempat para dewa bersemayam. Selain menjadi representasi Gunung Meru, bentuk kerucut pada nasi tumpeng juga menjadi simbol hubungan Tuhan dan alam. Tuhan dipoisisikan di bagian puncak dan manusia-manusia ada di bagian bawah.

3. Hadir dengan Berbagai Macam Lauk

Berburu nasi tumpeng enak di Jakarta pasti akan terasa menyenangkan. Menu makanan ini memang sangat menarik dan dilengkapi pula dengan beragam jenis lauk yang enak. Disebutkan bahwa setiap jenis lauk memiliki makna tersendiri. Misalnya telur rebus yang belum dikupas, menunjukkan bahwa kita harus selalu merencanakan segala jenis tindakan dan bersabar dalam prosesnya. 

4. Beragam Jenis Tumpeng

Ternyata tumpeng itu sangat beragam jenisnya. Tentunya jenis tumpeng ini akan disesuaikan dengan tujuan acara atau makna yang ingin didapatkan. Perbedaannya akan terletak pada bentuk tumpengnya. Ada tumpeng yang tidak terlalu tinggi, ada tumpeng yang dibuat tinggi ramping, dan lain sebagainya. Semua jenis tumpeng tersebut melambangkan makna berbeda-beda.

5. Makna Warna Kuning

Ternyata nasi tumpeng terbuat dari nasi berwarna kuning karena ada alasan khusus. Nasi kuning merupakan jenis nasi yang berasal dari pulau Jawa dan terbuat dari tiga bahan utama yakni beras, santan, dan kunyit. Kunyit digunakan sebagai bahan pewarna alami karena merupakan sebuah lambang dari kekayaan. Tersimpan harapan bagi yang memakan nasi kuning ini akan dilimpahi kesejahteraan.

Itulah 5 fakta menarik tentang nasi tumpeng. Jika Anda perlu menyajikan menu ini untuk acara khusus, langsung saja cari nasi tumpeng enak di Jakarta yang lengkap dengan lauk pauknya. Menu ini selamanya akan jadi pilihan makanan enak merakyat yang layak disantap kapan saja.

0 komentar:

Posting Komentar