5 Bahaya Narkoba yang Penting untuk Diwaspadai Generasi Muda


Narkoba masih menjadi bahaya yang mengintai generasi muda. Sudah lama memang masalah narkoba ini terus merusak masa depan anak-anak muda. Fasilitas rehabilitasi narkoba terus kedatangan korban-korban baru yang sudah kecanduan dan menderita karenanya. Pemahaman mengenai bahaya narkoba penting sekali untuk diberikan khususnya untuk kalangan generasi muda masa kini.

Rehabilitasi adalah salah satu langkah atau metode guna menyembuhkan para para korban penyalahguna dari ketergantungan narkoba. Perihal prosesnya mungkin akan berlangsung tidak sebentar. Hal tersebut dikarenakan membutuhkan berbagai macam proses untuk pemulihan pasien itu.

Untuk prosesnya sendiri tergantung seberapa parah pasien dan sudah konsumsi narkoba dalam jangka waktu lama. Kasus seperti itu tentu membutuhkan waktu guna memulihkan korban agar bisa terlepas dari ketergantungan. Itulah alasan bahwa pentingnya rehabilitasi.

Bahaya Narkoba

Seringkali disebutkan bahwa narkoba itu berbahaya dan harus dihindari. Namun, penjelasan mengenai apa saja bahaya narkoba mungkin belum dipahami secara optimal. Berikut ini adalah 5 bahaya narkoba yang penting untuk diwaspadai oleh generasi muda:

1. Memicu Dehidrasi

Konsumsi narkoba ternyata bisa memicu dehidrasi atau kondisi rendahnya cairan dalam tubuh. Dehidrasi ini bisa menjadi penyebab dari berbagai jenis gangguan kesehatan lainnya. Kondisi kadar elektrolit yang tidak seimbang dalam tubuh saat dehidrasi akan menyebabkan timbulnya beragam gejala. Mulai dari nyeri dada, kejang-kejang, serangan panik, halusinasi, hilang kesadaran, dan lain sebagainya.

2. Menurunkan Kesadaran

Narkoba memang menjadi salah satu jenis zat berbahaya karena memiliki efek yang sangat kuat bagi tubuh. Salah satu contohnya adalah zat ini bisa menurunkan kesadaran seseorang bahkan membuat seseorang benar-benar hilang ingatan. Narkoba memiliki efek sedatif yang akan membuat seseorang kebingungan, sulit berkonsentrasi, dan lama-lama jadi hilang kesadaran. 

3. Menurunkan Kualitas Hidup

Jelas sekali bahwa konsumsi narkoba akan membuat kualitas hidup seseorang jadi menurun drastis. Mereka yang sudah kecanduan narkoba biasanya akan terus mencari barang haram ini sampai kapanpun. Mereka akan sulit berkonsentrasi, kesehatan fisik menurun, dan tentunya sulit beraktivitas seperti biasa. Jika sudah seperti ini maka rehabilitasi narkoba bisa dijadikan pilihan terbaik.

4. Menurunkan Kesehatan Tubuh

Mereka yang mengonsumsi narkoba biasanya akan mengalami penurunan kesehatan secara drastis. Narkoba tak hanya berpengaruh pada fungsi otak melainkan juga pada fungsi berbagai organ tubuh secara menyeluruh. Jika daya tahan tubuh menurun, tentu saja secara langsung tubuh akan lebih mudah terserang penyakit. Tak heran jika para pecandu narkoba umumnya memiliki kondisi tubuh yang lemah.

5. Kematian

Bahaya kematian akan selalu mengintai para pecandu narkoba. Secara fisik dan mental, pecandu narkoba akan terus mengalami penurunan fungsi. Berbagai gejala yang muncul akibat konsumsi narkoba bisa terus bertambah parah dan bukan tidak mungkin berujung pada kematian. Bahkan banyak pecandu narkoba yang frustasi dan depresi hingga akhirnya memilih untuk mengakhiri hidup sendiri.

Itulah tadi 5 bahaya narkoba yang wajib diwaspadai oleh generasi muda. Jika memang sudah terlanjur akrab dengan barang haram ini, maka rehabilitasi narkoba bisa jadi pilihan. Layanan rehabilitasi narkoba siap membantu siapa saja yang ingin terbebas dari jerat narkoba. Tak perlu merasa malu atau gengsi untuk mencari bantuan demi kualitas hidup yang lebih baik dan sehat di masa depan.

0 komentar:

Posting Komentar